3 Days in Yogyakarta

Thursday, July 07, 2016

Ngomongin kehidupan tanpa ngomongin liburan itu rasanya hambar banget ( gw ngomong apaan sih ? entahlah hahaha ). Kali ini aku mau share pengalaman aku liburan ke Yogyakarta selama tiga hari ( 24 - 26 Maret 2016 ) bareng temen-temenku yang rada ya begitulah hahahaha. Ohiya ini latepost bangeeet, karena emang mau nulis cerita ini belum sempet mulu hihi. Aku liburang bareng Cynthia, Eriska, Yuvita, Charisma dan Della. Aku, Cynthia, Eriska dan Yuvita berangkat bareng dari Jakarta karena emang kita domisili di Jakarta. Charisma berangkat sendirian ( ciee sendirian, jomblo ya kak ? hahaha *abaikan ) dari Surabaya karena dia berdomisili di Surabaya. Sedangkan Della adalah tour guide dadakan kita hahaha yang berdomisili di Yogyakarta. Sebenarnya rencana awal kita nggak berniat ngegangguin anak-anak yang domisilinya di Jogja karena ya takutnya mereka lagi sibuk atau gimana gitu. Tapi setelah kita meetup dengan anak-anak Jogja ( teman-teman kita yang domisilinya di Jogja ) ternyata si Della bersedia kalau kita gangguin dengan ikutan kita liburan. Dan yeaay della pun mengikuti semua jadwal liburan kita hahahaha.

HARI PERTAMA

Aku, Cynthia, Eriska dan Yuvita berangkat dari Jakarta itu tanggal 23 Maret sekitar jam setengah sebelas malam naik kereta Progo, sampai di Jogja sekitar jam tujuh pagi. Dari Lempuyangan kita langsung ke Homestay naik taksi yang kita pesan via "SayTaxi" ( selama di Jogja setiap kita naik taksi itu selalu pesan via aplikasi "SayTaxi" ). Hari itu Charisma belum datang, dia masih kerja wkwkwk. Kita yang berdomisili di Jakarta emang sengaja ambil cuti sehari untuk tanggal 24 Maret, sedangkan Charisma nggak bisa cuti karena nggak dapat izin, kasihan ya ? hahahahaha *just kidding*. Sampai di homestay kita istirahat sebentar, mandi dan cuss jalan-jalan hehehe.

Foto di depan kamar, waktu mau jalan-jalan hehe.

Keluar homestay kita masih bingung mau jalan kemana wkwkwk, yauda kita mutusin untuk ke halte TransJogja dulu soalnya dari homestay ke halte emang nggak terlalu jauh. Sambil nunggu TransJogja nya datang, kita masih berdebat mau jalan kemana wkwkwk. Sampai sekitar dua jam kemudian kita semua pengen ke The House of Raminten, tapi masalahnya setelah dua jam nunggu itu sama sekali nggak ada TransJogja yang datang, kan sedih. Itu uda sampe baju basah karena keringetan, dan bedak semuanya uda luntur, mood juga uda memburuk gara-gara kelamaan nunggu hahaha. Yauda akhirnya kita coba untuk pesan taxi, setelah liat estimasi biaya dari halte tempat kita nunggu sampe ke The House of Raminten yang ternyata nggak terlalu mahal, kita pun fix pesan taxi wkwkwk. And we are so excited waktu tau kalau mobil yang kita dapetin itu ternyata Alphard hahaha.

Minuman aquarium hahaha. Ini minuman yang kita pesan.

Waktu taxi nya datang dan uda pada naik ke dalam mobil, mereka pada senyam senyum semua hahaha karena begitu excited nya naik Alphard. Tapi waktu kita sampai di The House of Raminten, ternyata argonya lebih dari estimasi di aplikasi, yaah sedih deh kita tapi mau gimana lagi orang uda terlajur sampe tujuan wkwkwk. Di The House of Raminten kita makan yaa sesuai selera masing-masing wkwkwk, dan minumnya kita seragaman pesen minuman yang gelasnya kayak aquarium wkwkwk ( aku lupa nama minumannya ). Dan itu kita pesen minumannya satu-satu loh, nggak satu gelas dua orang atau tiga orang gitu enggak, tapi satu orang satu gelas gede *like aquarium* hahaha nggak aturan banget ya kita pesennya satu-satu. Setelah puas memanjakan perut, kita bingung mau kemana wkwkwk. Aku saat itu kebetulan lagi chatting an sama Paradise ( temen yang berdomisili di Jogja ), yah karena kita bingung mau kemana aku usulin buat meetup sama temen-temen Jogja dan mereka setuju. Yauda kita pun janjian di Benteng Vredeburg.

Tiket masuk ke Museum di Benteng Vredeburg.

Kita dari The House of Raminten itu langsung cuss ke Benteng Vredeburg, sampai disana sekitar jam tiga sore kalau nggak salah. Kita jalan-jalan, foto-foto keliling benteng sampai sekitar jam setengah lima, dan benteng mau tutup wkwkwk. Aku lupa sih tepatnya jam berapa, yang pasti anatara setengah lima atau jam lima sore itu benteng uda tutup. Kita yang masih nungguin temen-temen yang belum juga datang itu sampai diusir-usir sama pak petugasnya karena uda diumumkan kalau benteng mau ditutup tapi kitanya masih duduk-duduk di dalam benteng hahahaha. Karena uda diusir kita pun keluar wkwkwk daripada dikunci di dalam benteng kan tambah berabe urusannya. Setelah keluar benteng ternyata kita ketemu Della, yeaayy. Dia baru aja datang, setelah nunggu beberapa menit akhirnya teman-teman yang lain pun datang. Disaat semua sudah kumpul dan ngobrol bareng, tiba-tiba langit mulai mendung dan mulai turun hujan. Kita pun mencari tempat untuk berteduh daaaann kita pilih McDonnald wkwkwk. Kita kesitu cuma untuk pesan es krim sambil ngobrol-ngobrol untuk nunggu hujan reda.

Setelah asik ngobrol, kita semua pun kelaparan wkwkwk. Bingung mau makan dimana akhirnya kita naik ke lantai paling atas di Malioboro Mall dan ketemulah kita dengan salah satu tempat makan ( aku lupa namanya ). Kita makan sambil ngobrol-ngobrol cantiikk hahahaha. Setelah kenyang makan, kita pun memutuskan untuk pulang dan langsung pesan taxi. Sampai di depan mall kita nunggu taxi sambil hujan-hujan an tipis-tipis wkwkwk. Teman-teman yang bawa motor, karena parkirnya cukup jauh dari mall, akhirnya mau nebeng kita sampai ke dekat parkiran. Daaann kita pun terkejut ketika tau kalau mobil yang kita pesan ternyata cuma ada dua seat ( depan dan tengah ) hahahaha. Biasanya kan ada tiga tuh, depan, tengah dan belakang. Tapi yang ini ternyata kursi belakangnya diambil, jadi bagian belakang itu cuma diisi ban. Sedangkan kita yang saat itu jumlahnya tujuh orang kan nggak cukup kalau cuma dengan dua seat hahaha. Akhirnya Cynthia dan Yuvita duduk di belakang, lebih tepatnya duduk diatas ban hahahahaha *ngakak paraah*.

HARI KEDUA

Charisma was coming!! Charisma itu berangkat dari Surabaya sekitar habis pulang kantor gitu ( aku lupa jam berapa ) dan sampai di Jogja sekitar tengah malam. Beruntungnya kita uda ketemu Della, dia nawarin diri untuk jemput Charisma karena emang Della itu ada motor jadi bebas mau kemanapun ia pergi wkwkwk. Pagi nya kita langsung siap-siap karena jam depalan pagi mau berangkat ke Kalibiru. Ohiya malamnya waktu kita meetup itu Della uda bersedia untuk ikut kita selama liburan hihihi. Jadi paginya dia datang ke homestay kita. Dan baiknyaaa sebelum sampe di homestay dia nawarin untuk beliin sarapaan *aaww so sweet* hahaha. Kita yang di homestay minta tolong dibawain air minum dan sarapan pecel hihihi. Sesampainya Della di homestay, kita semua uda siap tinggal beberapa ada yang lagi pakai kerudung. Kita pun langsung menyerbuu makanan wkwkwk.

Tujuan pertama kita di hari kedua ( 25 Maret ) adalah ke Kalibiru. Tapiii sayangnyaaa sampai disana kita nggak bisa foto-foto di spot yang hitz ituu :((. Pada tau alasannya kenapa ?? Karena uda ada rombongan yang booking tempatnya sampai jam tiga sore!! Awww nyebeliinn!!! Emang kita juga sih mungkin yang kurang memperkirakan waktu. Uda tau itu hari libur, kita malah baru berangkat dari homestay itu jam delapan pagi hahahaha yasudah terima nasib nggak bisa foto di spot yang lagi hitzz :D. Saran aja, kalau mau ke Kalibiru mending berangkat Subuh demi menghindari kegagalan dari keinginanmu untuk foto di spot yang sudah direncanakan :). Karena kecewa batal foto, kita pun langsung menuju tujuan kedua, yaitu Kebun Teh ( aku lupa namanya Kebun Teh apa wkwkwk pokoknya kebun teh yang di daerah Kulon Progo ). Sampai disana itu seneng banget karena liat sekeliling ijo royo-royo wkwkwk. Tapiii ternyata semua diluar ekpektasikuu. Aku pikir kita bisa langsung foto ditengah-tengah kebun teh gitu kayak di film-film wkwkwk. Tapi ternyata kita harus mendaki duluuu. Ohmygod asli capek banget itu naiknyaaa. Dan sampai diatas pun ternyata kita nggak nemu posisi untuk foto-foto yang pas seperti di film-film hikz :(. Yasudah kita foto dipinggir jalan deehh! Ohiya setelah aku balik turun dari pucuknya kebun teh, ternyata bisa kok kita foto ala-ala di film-film, dengan syarat ada yang rela naik ke pucuk wkwkwk. Jadi di bawah itu sebenarnya ada jalan kecil untuk naik beberapa tingkat ke atas, nah supaya dapat hasil foto yang oke ya yang moto in harus rela ke pucuk supaya hasil foto kelihatan seperti kalian lagi dikelilingi tanaman teh yang ijo royo-royo hihi. Try it! Pasti hasilnya baguss! :)

Foto di depan tulisan Kalibiru. Sebagai bukti kalau kita uda di Kalibiru hahaha.

Kita di Kebun Teh itu sampai sekitar jam dua atau jam tiga siang ( aku lupa pokok sekitar jam segitu hehehe ). Karena capek setelah mendaki ke pucuknya kebun teh wkwkwk temen-temen pun pada minta makan hahaha. Mereka request ke Mangut Lele tapi di tengah jalan setelah cari-cari informasi ternyata Mangut Lele nya itu tutup jam empat sore sedangkan kita itu posisinya baru keluar dari daerah Kebun Teh sekitar jam empat an lebih wkwkwk. Kita pun cari destinasi makan yang lain dan ketemulah pada tempat makan yang jual belut-belut an hahahaha yaitu di Sambel Welut Pak Sabar. Bapak yang punya kayaknya emang benar-benar sabar soalnya betah banget bikin tempat makan persis di depannya kuburan wkwkwk ( maaf ya pak, saya cuma bercanda ). Aku lupa menu yang kita pesan apa, yang pasti kita pesan belut yang kayak di urap gitu hehehe, belutnya di halusin dipotong super kecil-kecil dicampur dengan sambel-sambel ijo yang uda dihalusin, beserta campuran lain yang bikin rasanya makin sadiiss alias sedaapp hehehe. Menu-menu di Sambel Welut Pak Sabar ini hitungannya bukan per belut loh, tapi per kilogram hehehe. Paling sedikit itu 1/2kg. So, jangan kaget kalau lihat harganya fantastis karena emang hitungannya bukan per ekor wkwkwk. Tapi untuk rasa worth it! Patut untuk dicoba untuk kalian pecinta belut. Karena disini sambel welut nya tuh nggak cuma belut digoreng terus ada sambel merah gitu enggak, buanyak banget macem sambelnya hehehe.

Di puncak atau pucuknya kebun teh.

Setelah kenyaaang, kita balik ke mobil dan bingung mau lanjut kemana. Karena mau langsung pulang itu masih males banget. Kemudian salah satu dari kita ada yang usul ke Sindu Kusuma Edupark, aku sih yes yes aja yang penting jalan-jalan hahaha. Semua pada setuju akhirnya kita pun cuuss ke lokasi tujuan. Tapi karena kita hari itu sewa mobilnya cuma dua belas jam jadi berakhirnya itu jam tujuh malem, dan pas banget kita sampai di SKE itu sebelum jam tujuh malem. Setelah menurunkan kita, bapaknya pun langsung pergii huhuhu *apaan sih dena*. Setelah melihat situasi, kita merasa ada yang aneh. SKE nya sepi paraahh wkwkwk, padahal itu tanggal merah lho. Apa karena masih jam tujuh malam makanya sepi ya ? entahlah kita semua tak ada yang tau. Daaan karena melihat situasi yang sepi parah, kita pun batal masuk ke dalam SKE hahahaha. Jadi kita langsung cuss ke mushola di area SKE untuk sholat maghrib. Ternyata firasat kita semua benar, nggak lama setelah semua selesai sholat hujan seketika turun dengan derasnyaa!! :D . Kita semua terjebak di mushola SKE wkwkwk. Kita bingung mau ngapain, nunggu hujan reda itu semacam useless parah karena hujannya deras banget. Akhirnya kita pun memilih pesan taxi wkwkwk. Karena jumlah orangnya adalah enam orang kita pun memberi note saat pesan taxi. Dan jreng jreengg ternyata kita dapat Alphard lagii hahahaha. Alhamdulillah rejeki anak soleh wkwkwk. Tapi aslinya rada tekor sih, karena taxi yang Alphard itu argonya lebih mahal dari yang mobil umum hahahaha. Tapi ya mau gimana lagi, secara kita perlu mobilnya yang cukup untuk ber-enam. Dari SKE itu kita langsung cuusss ke homestay. Della juga langsung pulang ke kosnya setelah ambil motor di homestay.

HARI KETIGA

Di hari terakhir ini tujuan kita adalah Hutan Pinus dan Wisata Pantai Gunung Kidul horraayy pantaai hehehe. Tujuan pertama kita adalah Hutan Pinus. Kita bernagkat dari homestay itu sekitar jam tujuh pagi. Sampai di hutan pinus itu sekitar jam setengah sembilan mungkin ya ( aku lupa ) yang pasti matahari belum terlalu panas. Kita sampai itu nggak langsung menjelajah Hutan Pinus tapi kita sarapan duluuu. Karena berangkat lebih pagi kita jadi nggak sempat sarapan hikz kita kelaparan. Teman-teman yang dari malamnya uda ngidam makan mie akhirnya ngajakin sarapan mie hhmm, aku sih ngikut aja hahaha. Tapi tapi sebelum kita pesan mie, si Eriska diributkan dengan sandalnya yang masih basah akibat hujan di SKE hahahaha. Dia bingung mau turun mobil pake apaan, kita yang lain bawa sandalnya pas-pas an jadi gaada yang bisa meminjamkan ke Eriska. Beruntung di area parkir Hutan Pinus itu banyak warung, jadi kita bawakan berbagai macam sandal jepit ke mobil untuk dicoba Eriska hahaha ( berasa jualan, karena bawa sandal sekantong gede ). Eriska pun pilih-pilih sandal di mobil dan menjatuhkan pilihan pada sandal jepit berwarna biru yeaayy *apaan sih den*.

Hasil foto kita di Hutan Pinus.

Setelah masalahnya Eriska solved, kita langsung cusss pesan mie horray. Sambil menunggu mie jadi, ternyata perutnya teman-teman uda nggak bisa diajak kompromi. Mereka pada beli cilok hahahaha. Aku sih ikutan, soalnya itu cilok keliatan enak wkwkwk. Setelah mie jadi, kita nggak langsung makan tapi foto mie nya dan update status dulu hahahahaha dasar anak jaman sekarang :D. Baru lah setelah itu kita menyantaap mie hhmm yummyy. Setelah kenyang, kita langsung menjelajah Hutan Pinus, foto-foto dan mendandani Della. Yups, entah berawal dari apa tiba-tiba kita semua pada pengen ngedandanin Della hahahaha. Jadi ditengah keramaian Hutan Pinus itu kita bedakin Della, kasih dia lipstick dan lain sebagainyaa hahaha. Tapi ada kejadian memalukan juga untukku disana. Aku terpleset hikzzz!! Yah itu karena kondisi tanah waktu itu licin banget, mungkin karena malemnya disitu hujan juga makanya tanahnya jadi licin ditambah sandalku yang emang sensitif sama yang licin-licin wkwkwk alhasil terjadilah kejadian memalukan itu hikz. Saran buat kalian yang ke Hutan Pinus, terlepas dari tanah yang lici atau enggak mending kalian kalau kesana pakasi alas kaki yang nggak licin, jadi bisa menghindarkan kalian dari kejadian "terpleset" itu wkwkwk.

Penampakan Pantai Drini ( 1 )
Penampakan Pantai Drini ( 2 )

Setelah puas foto-foto kita langsung cuuss lanjut ke Gunung Kidul. Tujuan pertama kita di Gunung Kidul adalah Pantai Drini. Buseett dahh kita waktu itu emang salah estimasi mungkin ya, jadi kita sampai di pantai itu tengah hari bolong. Bisa kebayang lah panasnya seperti apaaa!! Super panas, super hot. Tapi semua terbayarkan ketika melihat birunya air lauutt hhmm. Semua seperti mengalir dengan indah nya seperti ombak laut *gak nyambung*. Dari Pantai Drini kita cuss ke Pantai Indrayanti. Ramai bangeeett, itulah gambaran Pantai Indrayanti. Aku sama teman-teman nggak main-main dipantai nya karena emang super padet. Kita cus ke tebing di pinggir pantai untuk ngedapetin spot foto yang kece hihihi. Asik banget bisa liat lau dan pantai dari atas tebing. Karena saat sampai di Indrayanti itu panasnya diatas batas normal *alay* kita pun pengen buru-buru cuss dari pantai itu. Teman-teman pada ngajak ke Kaliurang, tapi dari Gunung Kidul ke Kaliurang itu super jauh hahaha. Yasudahlah yang penting jalan dulu, mereka juga masih galau mau beneran ke Kaliurang apa engga wkwkwk.

Penampakan Pantai Indrayanti dari atas bukit.

Saat mulai memasuki kota ternyata sudah jam lima an sore kalau nggak salah, kita batal ke Kaliurang karena tempat yang mau kita tuju itu tutupnya jam lima sore. Kita langsung cuss ke Gudeg Yu Djum kemudian shopping time di Malioboro :D hahaha. Setelah itu kita langsung balik ke homestay untuk istirahat. Karena besoknya ( 27 Maret ) sekitar jam sembilan pagi kita harus uda ada di stasiun Lempuyangan untuk balik ke domisili masing-masing dan ke rutinitas masing-masing hikzzz :'(

Finally, tanggal 27 Maret kita pun ke Lempuyangan dengan sedih. Della ngebantuin kita untuk pergi duluan ke Lempuyangan untuk cetak tiket, karena takutnya kalau nunggu kita yang baru berangkat jam delapan itu nggak keburu untuk cetak tiket. Hikz di stasiun itu kita sedih banget karena harus berpisah lagi, harus kembali ke rutinitas lagi. Charisma naik kereta tujuan Surabaya sedangkan aku, Cynthia, Eriska dan Yuvita naik kereta tujuan Jakarta. Byee Yogyakarta, see you soon!

SARAN BUAT YANG MAU KE YOGYAKARTA !!

Halo hai, aku disini mau kasih beberapa tips dan saran buat kalian yang mau liburan ke Jogja :
- Cari homestay yang murah, di Malioboro itu banyak tapi masuk-masuk gang gitu. Kalau sendirian mending cari homestay yang murah tapi terkenal. Kalau rombongan boleh deh cari homestay yang supeerr murah.
- Kalau mau beli oleh-oleh di toko Bakpia terkenal, mending kalian ajak teman yang asli Jogja atau sewa motor dengan plat nomor Jogja. Karena dengan begitu kalian akan dapat potongan harga. Hindari bawa mobil, atau jalan kaki karena itu akan sangat menunjukkan kalau kalian itu turis Jogja yang akan berimbas pada harga oleh-oleh yang mahal.
- Ke Hutan Pinus itu baiknya siang hari saat matahari sedang terik-teriknya. Karena kalian akan dapat pencahayaan yang pas untuk foto-foto hehe.
- Gudeg Yu Djum yang masih asli dan nuansa tempoe doloe itu yang posisinya masuk ke dalam gang, bukan di pinggir jalan raya. Coba tanya ke orang sekitar aja kalau bingung posisinya dimana. Yang pasti didalam gang bukan dipinggir jalan raya. Aku waktu itu makannya di yang tempoe doloe yang suasananya masih asli, disitu asik banget, bener-bener ngerasain nuansa tempoe doloe hihi.

Okeee that's enough! See you soon guyyyss :) thanyou for reading...